index='x'>

Sunday, January 14, 2018

13 Manfaat UBI CILEMBU Untuk Kesehatan Tubuh dan DIET

Tentang Manfaat Ubi Cilembu Untuk Kesaehatan dan Asal Usul Ubi Si Manis Sumedang

Ubi Cilembu adalah kultivar ubi jalar merupakan ras lokal asal Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi jalar ini populer di kalangan konsumen semenjak tahun 1990-an. Ubi Cilembu lebih istimewa daripada umbi biasanya karena umbi ini bila dioven akan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang manis rasanya. Karena itu, umbi Cilembu disebut juga dengan umbi si madu. Bila umbi pada umumnya juga manis, rasa manis umbi Cilembu ini lebih manis dan lengket dengan gula madu. Rasa manis ini membuat tenaga ekstra bagi orang yang mengkonsumsinya.


Ubi Cilembu memiliki kandungan vitamin A 7.100 IU (international unit). Suatu jumlah yang cukup tinggi untuk perbaikan gizi bagi mereka yang kekurangan vitamin A. Padahal, umbi-umbian jenis lain, kandungan vitamin A-nya hanya berada pada angka 0,001-0,69 mg per 100 gram. Selain vitamin A yang tinggi, juga mengandung kalsium hingga 46 mg per 100 gram, vitamin B-1 0,08 mg, vitamin B-2 0,05 mg dan niacin 0,9 mg, serta vitamin C 20 mg


Selain rasa manis Yang alami dan disukai oleh setiap orang. Ubi Cilembu kaya akan khasiat dan manfaat sehingga sering dipakai sebagai makanan pendukung program diet, mengatasi berbagai macam penyakit seperti diabetes, kanker, tumor dan lain sebagainya.

Daftar Alamat Dan Harga Ikan Bakar Cianjur (IBC) Jual Ubi Madu Cilembu Asli

UBI CILEMBU Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh dan DIET

Berikut di bawah ini ulasan lengkap mengenai 13 Manfaat Ubi Cilembu Untuk Kesehatan Tubuh dan DIET yang dikutip dari Berbagai Sumber

1. Menghangatkan badan

  • Ubi cilembu mampu menghangatkan badan, terutama ketika dikonsumsi dalam kondisi cuaca dingin. Ubi cilembu yang diolah dengan cara di-oven sangat nikmat jika dikonsumsi saat hangat.

2. Mendukung program diet ubi cilembu

  • Ubi Cilembu bisa membantu program diet sebagai makanan pengganti nasi. Kandungan serat Ubi Cilembu bisa melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, menjaga atau mengurangi nafsu makan berlebih dan membuat perut tetap kenyang lebih lama. Satu buah ubi ukuran sedang, setara dengan 100 gram Ubi Cilembu mengandung hingga 4gr serat atau sekitar 24% dari kebutuhan serat yang direkomendasikan setiap hari. mengonsumsi makanan kaya serat bisa membantu menurunkan kolesterol, kadar gula darah, dan mengurangi risiko stroke. Ubi Cilembu untuk diet adalah pilihan yang tepat bagi yang sedang menjalani program diet atau sebagai cemilan si buah hati karena tidak mengandung lemak dan kolesterol.

3. Sumber asupan energi

  • Ubi cilembu menjadi sumber asupan energi yang membantu dalam mencukupi pemenuhan kebutuhan kalori bagi tubuh setiap harinya. Ini karena Ubi Cilembu mengandung karbohidrat, lemak & serta protein dan mineral lainnya.

4. Mencegah tumor dan kanker

  • Ubi Cilembu membantu menghambat berkembangnya sel kanker dan tumor di dalam tubuh serta mencegah radikal bebas karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Ubi Cilembu bisa mencegah penyakit kanker mulut dan kanker paru-paru. Hal ini karena ubi berwarna oranye kemerahan ini kaya akan vitamin A dan betakaroten.

5. Mencegah diabetes dan menstabilkan gula darah

  • Ubi Cilembu membantu dalam mengontrol dan menstabilkan kadar gula dalam darah serta menurunkan resistensi insulin jika dikonsumsi rutin karena mengandung vitamin A tinggi. Sehingga bisa mencegah penyakit diabetes. Penderita diabetes disarankan mengonsumsi ubi yang menjadi komoditi unggulan Sumedang ini sebagai pengganti nasi. Apabila sering mengonsumsi karbohidrat, kadar gula dalam darah cenderung bertambah. Sebaiknya ubi Cilembu disajikan dengan cara dikukus atau dibakar serta tidak menambahkan gula ataupun saus. Rasa manis seperti madu dalam daging Ubi Cilembu tergolong aman dan merupakan pemanis alami yang tidak mempengaruhi kenaikan kadar gula darah (glukosa), terutama bagi penderita diabetes.

6. Mencegah penyakit jantung dan pikun

  • Ubi Cilembu bisa membantu mencegah penyakit jantung atau terjadinya serangan jantung dan pikun karena kandungan vitamin B6 di dalamnya mampu mengurangi zat kimia yang disebut homocysteine di dalam tubuh. Zat ini merupakan pemicu serangan jantung. Zat tersebut diuraikan menjadi molekul sederhana dengan bantuan vitamin B6. Selengkapnya di dalam Ubi Cilembu terdapat Vitamin B1 0,08 mg, Vitamin B2 0,05 mg, Niacin 0,9 mg dan C 20 mg yang memiliki banyak sekali fungsinya untuk kesehatan tubuh. Ubi Cilembu membantu melindungi kesehatan jantung dan menjaga detak jantung tetap dalam kondisi stabil sehingga tekanan darah kembali normal, tidak naik turun secara drastis. Hal ini karena kandungan potasium di dalamnya. Disarankan bagi para penderita penyakit jantung dan stroke untuk rutin mengonsumsi Ubi Cilembu.

7. Menjaga kesehatan ginjal

  • Ubi Cilembu membantu menyehatkan ginjal karena mengandung potasium. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berperan menjaga kelancaran proses pencernaan. Ubi cilembu bisa juga mencegah terjadinya gangguan ginjal, seperti gagal ginjal, batu ginjal, & penyakit lain yang berhubungan dengan kesehatan ginjal.

8. Menjaga kesehatan mata dan perbaikan gizi

  • Ubi Cilembu bisa mencegah menurunnya daya penglihatan mata yang disebabkan mata minus atau plus serta bisa juga mempertajam penglihatan serta berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Hal ini karena kandungan vitamin A dan pigmen karotenoid sejenis betakaroten pada Ubi Cilembu ini.

9. Baik untuk metabolisme, kesehatan tulang, syaraf dan otot

  • Ubi Cilembu membantu dalam metabolisme tubuh serta memperkuat tulang dan gigi karena mengandung kalsium hingga 46mg per 100gr nya. Ubi Cilembu bisa menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, menjaga saraf, otot, jantung, darah dan arteri dalam kondisi sehat karena kandungan magnesium yang tinggi di dalamnya.

10. Meredakan stres

  • Ubi Cilembu bisa membantu untuk menghilangkan atau mengurangi rasa stres. Hal ini karena kandungan mineral potasium dan zat besi yang terdapat dalam Ubi Cilembu. Luangkan waktu sejenak untuk berasantai sambil menikmati Ubi Cilembu yang manis ini agar pikiran dan otot yang tegang kembali tenang.

11. Meningkatkan kekebalan tubuh

  • Ubi Cilembu mampu meningkatkan kekebalan tubuh (sistem imun) agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit seperti flu, racun dalam tubuh serta mempercepat penyembuhan. Hal ini karena Ubi Cilembu mengandung vitamin A dan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

12. Mencegah penuaan dini dan anti aging

  • Ubi Cilembu berkhasiat meningkatkan penyerapan zat besi, menyehatkan kulit, dan mencegah proses terjadinya penuaan dini serta menyamarkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan noda hitam sehingga bisa terlihat awet muda. Hal ini karena Ubi Cilembu mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Ubi Cilembu membuat kulit mulus, indah, lebih halus dan lembut serta menjaga kekenyalan dan kecerahan kulit. Karena kandungan mineral khusus seperti zat besi, mangan, folat, serta kandungan serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, Vitamin D, dan Vitamin E di dalam Ubi Cilembu. Betakaroten berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Ubi Cilembu yang mengandung vitamin C membantu tubuh untuk mencegah penyakit dan memproduksi kolagen yang sehat untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan keriput. Tidak heran jika ubi manis ini dimanfaatkan sebagai bahan produk kecantikan. Retinol yang biasa dimanfaatkan produk-produk kosmetik high end untuk merawat kulit ternyata terkandung juga di dalam ubi Cilembu.

13. Memperlancar peredaran darah & mencegah gejala anemia

  • Ubi Cilembu berkhasiat mempermudah melancarkan peredaran darah dan mencegah gejala-gejala anemia, seperti pusing, mudah lelah & letih, mudah ngantuk, lemas & gampang terserang penyakit. Ini disebabkan zat besi yang terkandung di dalam Ubi Cilembu yang sangat berhubungan erat dengan produksi sel darah merah dan sel darah putih.

Ubi ini tidak cocok untuk digoreng, karena kandungan gulanya yang tinggi membuat ubi ini sangat mudah “gosong”, dan juga tidak cocok untuk direbus, karena aroma dari “madu” nya akan berkurang, bahkan hilang. Pada umumnya produk ubi Cilembu diperdagangkan dalam bentuk ubi bakar selain diolah dalam bentuk kripik, tape, dodol, keremes, selai, saus, tepung, aneka kue, mie, dan sirup. Ubi Cilembu memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena rasa yang khas, manis seperti madu dan legit, struktur dagingnya kenyal dan menarik sehingga sangat digemari oleh pelaku usaha tani dan konsumen.

Daerah penghasil Ubi Cilembu adalah Pamulihan, Cadas Pangeran, Rancakalong, Sukasari dan Tanjungsari. Banyak yang berpendapat kalau cita rasa Ubi Cilembu yang ditanam di daerah selain di desa Cilembu tidak seenak dan selegit yang ditanam di desa Cilembu. Unsur hara yang terkandung di tanah perkebunan desa Cilembu tergolong unik dan komposisinya mendukung pertumbuhan Ubi Cilembu. Tanah yang ada di desa Cilembu dikatakan indigenous soil, hanya satu-satunya di dunia.

Itulah Tentang Ubi Cilembu Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh Dan Asal Usulnya. semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon